Pages

Monday, November 26, 2012

Hasil Kebun Belakang Rumah

Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman, baik tanaman pohon yang menghasilkan buah ataupun sekedar tanaman hias, termasuk rumah saya. Ayah saya yang profesinya seorang petani tentu sangat senang menanam dan merawat berbagai jenis tanaman, seperti bonsai. Selain bonsai yang berguna sebagai tanaman hias, ayah saya juga menanam berbagai jenis buah-buahan, walaupun dengan jumlah yang tidak begitu banyak, tetapi sangat cukup untuk dikonsumsi sendiri, bahkan lebih jika musim buah datang. 
1. Buah Naga
    Ada beberapa pohon buah naga yang ditanam dihalaman rumah saya yang berguna sebagai tanaman hias skaligus menghasilkan buah. Ini dia hasil buah naga pertama dari halaman rumah kami, ya lumayan laah :D
















Manfaat buah naga :
1. Buah naga adalah sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi dari menyebabkan kanker.
2. Dapat Membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat yang ada dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.
3. Buah Naga Mengandung Vitamin C dengan kadar yang tinggi. hal ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.
4. Vitamin B2 hadir dalam buah naga bertindak seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.
5. Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme karbohidrat.
6. Dengan mengkonsumsi Buah Naga secara teratur dan rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan olahraga yang teratur.

2. Buah Markisa
 Walaupun hanya markisa liar, tetapi lumayan lah untuk koleksi buah dirumah, hehehe, ini ni hasil markisa yang tanamannya menjalar-jalar dan cepat sekali pertumbuhannya. Sedikit asam sih, tapi kalau di jus enak juga kok :D

















Markisa membuat lebih mudah tidur, markisa kaya vitamin-vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf. Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.

Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah. Dari hasil penelitian laboratorium, markisa juga mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan.

3. Buah Duku
    Ada satu pohon duku yang tiap tahun menghasilkan buah, buahnya tidak begitu banyak karena tidak begitu dirawat dengan baik, pohin duku yang tumbuh didekat kolam ini buahnya sangat manis dan besar-besar, tidak kalah dengan buah duku yang dijual di supermarket besar, manjat pohon dulu aaaah, hahaha :D

Berikut adalah manfaat buah duku diantaranya untuk :
  1. Memperlancar sistem pencernaan. Karena buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.
  2. Sebagai Obat Cacingan, menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare. 
    Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.
  3. Menguatkan gigi. Karena buah duku mengandung fosfor yang baik untuk gigi.
  4. Mengobati gigitan serangga berbisa gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri. Caranya : Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.
  5. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
  6. Untuk Mengusir Nyamuk. Kulit buahnya  dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.
 4. Buah Rambutan
     Ada 5 pohon rambutan yang di tanam di halaman rumah, kalau berbuahnya serentak, waduuuuh gak kuat ngabisinnya, -_-". Jangankan semuanya, satu pohon aja gak abis, jadi sering dibagi-bagikan kepada saudara atau tamu yang kebetulan berkunjung ke rumah, terkadang juga ada agen yang membeli buah rambutan kami, ini dia rambutan yang buahnya oke punya itu (yang metik legih oke) :D
 



















Berikut manfaat rambutan :
Kulit buah : untuk mengatasi disentri, demam
Kulit kayu : untuk mengatasi sariawan
Daun : untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut
Akar : untuk mengatasi demam
Biji : untuk mengatasi kencing manis (diabetes melitus)

5. Buah Durian
    Buah durian yang ditanam di halaman rumah ada 3 pohon, yang sering berbuah cuma 2 pohon dan yang 1 pohon mungkin belum cukup umurnya kali yaa..hehe. Rasa buahnya kualitas super, sayang nya ada 1 pohon berada didekat kolam dan sungai, jadi akarnya sering terkena air, dan rasa buah pun sering anyep(tidak berasa), mudah-mudahan aja rasa buahnya semakin baik. Sekarang musim durian ni, tinggal nunggu bunyi "gedebuk" daaaaan, pesta duriaaaaan hehehe, eh tapi ada 1 pohon durian yang buahnya semua di ikat jadi kalau mau memanen ya dipanjat, karena buahnya tidak akan jatu apabila matang, alias nyangkut ditali, yuk dipanjat,tik petik hehe


















 
 
Manfaat buah durian :
  1. Mengatasi anemia.
  2. Mengatasi sembelit, karena buah durian kaya akan serat.
  3. Dapat menghambat penuaan yang terjadi secara dini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam buah durian berfungsi sebagai antioksidan.
  4. Dapat mengobati penyakit kulit.
  5. Sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium, potassium dan vitamin B.
  6. Dapat menjadi obat penyakit kuning.
  7. Fosfor yang ada pada buah durian sangat baik untuk kesehatan gigi kita.
  8. Dapat mengurangi stress dan depresi karena memiliki kandungan piridoksin.
  9. Kulit buah durian juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.
  10. Dapat meningkatkan nafsu makan anak maupun orang dewasa.
Selain lima buah tadi, ada beberapa buah lagi yang ditanam di halaman rumah, tapi pada belum musim berbuah, ada kelengkeng, kedondong, mangga, alpukat, belimbing, srikaya, coklat, petai, jambu, jeruk, cengkeh dll, itu rumah apa hutan yaa, hahahaha , tapi yang penting bisa makan buah hasil kebun sendiri pasti lebih memuaskan. :)

No comments:

Post a Comment